• 16 August 2016
    Gramedia Printing One Stop Service
    Distribution is the most important step in every business. On-time performance, product quality when it is arrived, and distribution cost are among of the factors. Imagine if your customer received the products 2 days after the promised day, with damaged condition, and costly.
  • 28 July 2016
    Gramedia Printing Turut Menyukseskan Program Buku Pelajaran Murah Kurikulum 2013 Edisi Revisi
    Kebutuhan buku teks kurikulum 2013 edisi revisi 2016 semakin meningkat karena saat ini tahun ajaran baru sudah dimulai. Buku teks adalah instrumen yang paling penting dalam kegiatan belajar mengajar.
  • 24 February 2016
    Digital Printing vs Offset Printing
    Recent years we saw the emergence of digital printing technology, which raise questions toward offset printing. Many say, offset printing will eventually lose its market because of this new technology. Actually, both processes has their own characteristic. These characteristic then distinguish what’s good and bad of both processes.
  • 05 October 2015
    Frankfurt, Shakespeare, and Book Fair
    Frankfurt Book Fair is the largest and oldest book fair in the world. Nevertheless, the long history of the fair could not be separated from the work of publishers and printers, which was done manually at the beginning years until Johannes Gutenberg’s mechanical printing machine in the middle of 15th century. During its glorious days, Frankfurt Book Fair witnessed the great William Shakespeare’s poet.

HOME / ARTICLE

Thursday, 28 March 2013 | 15.10 WIB

Format File pada Adobe Photoshop untuk Cetak Offset atau Cetak Digital

Dalam Industri Grafika, ada beberapa format file yang digunakan untuk dapat saling melakukan pertukaran informasi dari satu piranti lunak ke piranti lunak lainnya. Misalkan desainer membuat suatu ilustrasi menggunakan Illustrator dan ingin menggabungkannya pada InDesign ataupun QuarkXpress, maka perlu menyimpan file dengan format EPS agar apat dikenali pada piranti lunak yang berbeda.

Berikut ini beberapa format file yang biasa digunakan dalam desain grafis untuk produksi cetak.

TIFF

TIFF adalah singkatan dari Tagged Image File Format. Ini merupakan format file yang tidak dikompres atau diringkas, untuk tetap memelihara kelengkapan data warna yang terekam. Format TIFF hanya berlaku untuk data bitmap, dan menjadi default dalam penyimpanan gambar dari peralatan pemindai (scanner), kamera digital, maupun CD foto untuk profesional.

EPS

Singkatan dari Encapsulated PostScript, yaitu format yang digunakan untuk mengirim informasi gambar bitmap postscript dari satu program ke program yang lain. Format EPS dapat diterapkan untuk gambar bitmap maupun data vektor. Selain itu pada Adobe Photoshop, format EPS dapat melekatkan informasi halftone dan transfer curve.

JPEG

Barangkali merupakan format paling populer dimata awam untuk file foto. JPEG merupakan singkatan dari Joint Photography Expert Group, sebuah format file terkompresi untuk mobilitas data tinggi dan praktis. Gambar yang sudah disimpan dalam format JPEG, walaupun formatnya dapat dikembalikan ke TIFF, detilnya tidak bisa dikembalikan karena data sudah banyak yang hilang,

PSD

Photoshop Document merupakan file kerja dari Adobe Photoshop yang digunakan untuk mengedit foto. Ini adalah format yang secara luas diterima karena mendukung semua jenis gambar yang tersedia Bitmap, RGB, duotone,Grayscale,Indexed Color, CMYK, Lab, dan Multichannel .

Keuntungan terbesar menggunakan format PSD adalah dapat menyimpan gambar dalam lapisan (layer). Dengan kata lain, gambar dapat diolah dengan Adobe Photoshop kapan saja di kemudian hari. Dapat disesuaikan dan diedit secara independen untuk mencapai efek yang lebih baik.

RAW

Nama ini bukan merupakan singkatan, tapi lebih berarti data mentah (Inggris : raw). Merupakan data digital yang belum diproses, mengandung data sensor pixel yang asli. Pada umumnya format file ini berasal dari kamera digital yang mampu menyimpan gambar dengan 16 bit atau lebih sehingga gambar menjadi kaya warna dan detil. Setelah dibuka di Photoshop, sebaiknya gambar disimpan ke format TIFF agar dapat diolah lebih lanjut.

 

Tulisan ini disadur dan diolah dari Bab II Buku Designer Handbook dengan izin penulis : Ibu Anne Dameria – Link & Match Graphic.