• 01 April 2014
    Cara Mengkonversi RGB ke CMYK Sebelum Proses Cetak Offset & Digital
    Warna dalam dunia percetakan berbeda dengan warna tampilan di monitor. Teori ini dibagi berdasarkan dua model warna yaitu RGB dan CMYK. Ketika suatu karya desain dalam format RGB akan melalui suatu proses cetak, maka warna RGB harus dikonversi dahulu ke dalam model warna CMYK. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengkonversi warna RGB ke CMYK di beberapa software.
  • 10 March 2014
    Perbedaan Cetak Offset & Digital Printing
    Pilih Cetak Offset atau Digital Printing???
  • 26 February 2014
    Mengapa Warna di Monitor Berbeda dengan Hasil Cetak Offset ataupun Cetak Digital?
    Seringkali terjadi perbedaan warna antara warna pada monitor dengan warna pada hasil cetak offset maupun cetak digital. Perbedaan warna yang dihasilkan antara peralatan yang satu dengan yang lain disebabkan oleh beberapa hal antara lain karakteristik peralatan yang digunakan, colorspace/gamut, sumber cahaya, persepsi warna setiap orang, dan perbedaan latar/background.
  • 18 February 2014
    Masalah Yang Sering Timbul Pada Hasil Cetak Offset
    Beberapa masalah cetak yang sering terjadi pada mesin cetak offset antara lain timbulnya ghost-ing, hickies, miss register, moire, dan dot gain.

HOME / ARTICLE

Thursday, 28 March 2013 | 15.10 WIB

Format File pada Adobe Photoshop untuk Cetak Offset atau Cetak Digital

Dalam Industri Grafika, ada beberapa format file yang digunakan untuk dapat saling melakukan pertukaran informasi dari satu piranti lunak ke piranti lunak lainnya. Misalkan desainer membuat suatu ilustrasi menggunakan Illustrator dan ingin menggabungkannya pada InDesign ataupun QuarkXpress, maka perlu menyimpan file dengan format EPS agar apat dikenali pada piranti lunak yang berbeda.

Berikut ini beberapa format file yang biasa digunakan dalam desain grafis untuk produksi cetak.

TIFF

TIFF adalah singkatan dari Tagged Image File Format. Ini merupakan format file yang tidak dikompres atau diringkas, untuk tetap memelihara kelengkapan data warna yang terekam. Format TIFF hanya berlaku untuk data bitmap, dan menjadi default dalam penyimpanan gambar dari peralatan pemindai (scanner), kamera digital, maupun CD foto untuk profesional.

EPS

Singkatan dari Encapsulated PostScript, yaitu format yang digunakan untuk mengirim informasi gambar bitmap postscript dari satu program ke program yang lain. Format EPS dapat diterapkan untuk gambar bitmap maupun data vektor. Selain itu pada Adobe Photoshop, format EPS dapat melekatkan informasi halftone dan transfer curve.

JPEG

Barangkali merupakan format paling populer dimata awam untuk file foto. JPEG merupakan singkatan dari Joint Photography Expert Group, sebuah format file terkompresi untuk mobilitas data tinggi dan praktis. Gambar yang sudah disimpan dalam format JPEG, walaupun formatnya dapat dikembalikan ke TIFF, detilnya tidak bisa dikembalikan karena data sudah banyak yang hilang,

PSD

Photoshop Document merupakan file kerja dari Adobe Photoshop yang digunakan untuk mengedit foto. Ini adalah format yang secara luas diterima karena mendukung semua jenis gambar yang tersedia Bitmap, RGB, duotone,Grayscale,Indexed Color, CMYK, Lab, dan Multichannel .

Keuntungan terbesar menggunakan format PSD adalah dapat menyimpan gambar dalam lapisan (layer). Dengan kata lain, gambar dapat diolah dengan Adobe Photoshop kapan saja di kemudian hari. Dapat disesuaikan dan diedit secara independen untuk mencapai efek yang lebih baik.

RAW

Nama ini bukan merupakan singkatan, tapi lebih berarti data mentah (Inggris : raw). Merupakan data digital yang belum diproses, mengandung data sensor pixel yang asli. Pada umumnya format file ini berasal dari kamera digital yang mampu menyimpan gambar dengan 16 bit atau lebih sehingga gambar menjadi kaya warna dan detil. Setelah dibuka di Photoshop, sebaiknya gambar disimpan ke format TIFF agar dapat diolah lebih lanjut.

 

Tulisan ini disadur dan diolah dari Bab II Buku Designer Handbook dengan izin penulis : Ibu Anne Dameria – Link & Match Graphic.