• 16 August 2016
    Layanan Satu Pintu Gramedia Printing
    Distribusi merupakan proses terpenting dalam bisnis suatu perusahaan. Ketepatan waktu, kualitas barang saat tiba, hingga rendahnya biaya yang dikeluarkan menjadi beberapa faktor yang sangat mempengaruhi. Bisa dibayangkan jika pelanggan terlambat menerima produk yang diinginkan, dengan kondisi yang buruk dan sudah mengeluarkan biaya yang besar.
  • 28 July 2016
    Gramedia Printing Turut Menyukseskan Program Buku Pelajaran Murah Kurikulum 2013 Edisi Revisi
    Kebutuhan buku teks kurikulum 2013 edisi revisi 2016 semakin meningkat karena saat ini tahun ajaran baru sudah dimulai. Buku teks adalah instrumen yang paling penting dalam kegiatan belajar mengajar.
  • 24 February 2016
    Percetakan Digital vs Percetakan Offset
    Menjamurnya percetakan digital beberapa tahun terakhir menimbulkan banyak pertanyaan terhadap percetakan offset. Banyak pihak yang menilai, percetakan offset akan kehilangan pangsa pasarnya karena percetakan digital.
  • 05 October 2015
    Frankfurt, Shakespeare, dan Festival Buku
    Frankfurt Book Fair adalah festival buku tertua dan terbesar di dunia. Sejarah panjang Frankfurt Book Fair tentunya tidak lepas dari peran penerbit buku serta percetakan yang pada awalnya masih dilakukan secara manual, sebelum akhirnya mesin cetak mekanis oleh Johannes Gutenberg pada pertengahan abad 15. Frankfurt Book Fair dimasanya juga menjadi tempat dari karya-karya pujangga legendaris Inggris, William Shakespeare.

HOME / ARTICLE

Friday, 31 July 2015 | 09.31 WIB

Apa itu Emboss dan Deboss

Emboss merupakan teknik finishing proses cetak tinggi yang memberikan efek timbul pada bagian tertentu di permukaan kertas. Acuan emboss berasal dari logam hasil proses etsa atau cukil, disebut klise. Acuan tersebut terdiri dari dua bagian, bagian yang menonjol (jantan) dan bagian yang cekung (betina). Proses selanjutnya adalah meletakan kertas yang akan di emboss diantara acuan menonjol (jantan) dan cekung (betina). Sebaliknya, deboss merupakan teknik finishing yang memberikan efek tenggelam atau cekung. Proses deboss sama dengan emboss, tetapi hanya perlu menukar posisi acuan menonjol (jantan) dan acuan cekung (betina).

 Proses finishing ini banyak digunakan pada cetak komersial seperti cover buku, postcard, dan packaging. Ketinggian atau kedalaman emboss dan deboss dapat diatur sesuai kebutuhan. Proses Emboss dapat dilakukan secara manual maupun langsung pada mesin (digital embossing). Sedikit tips dari kami, kertas dengan gramatur lebih tebal akan menimbulkan efek emboss atau deboss yang lebih kentara.

Salah satu inovasi terbaru di industri percetakan adalah Chemical Embossing. Chemical Embossing atau efek kulit jeruk merupakan teknik cetak offset dengan menggunakan tiga step lapisan yang dilakukan secara bersamaan pada satu mesin (inline), yaitu dengan memadukan antara tinta proses UV CMYK (Cyan, Magenta, Yellow,dan Black) yang kemudian dilapisi tinta UV khusus atau OP varnish (overprint varnish), pada area cetak tertentu. Setelah kering seluruh area cetak tersebut dilapisi kembali dengan UV varnish  atau gloss varnish, dan dikeringkan kembali secara bersamaan dengan lampu ultra violet (UV Lamp).

 

(Mayarosa N.A)